Bagaimana Fungsi dan Peranan Kurikulum ?
Fungsi Kurikulum
Fungsi Kurikulum Bagi Guru
Guru merupakan
pendidik profesional, yang mana secara implisit ia telah merelakan
dirinya untuk memikul sebagian tanggungjawab pendidikan. dipundak orang
tua. Para orangtua tatkala menyerahkan anaknya kesekolah, sekaligus
berarti pelimpahan sebagian tanggungjawab pendidikan anaknya kepada
guru, tentunya orang tua mengharapkan agar anaknya akan menemukan guru
yang baik, berkompetensi dan berkualitas.
Adapun fungsi kurikulum bagi guru atau pendidik adalah;
- Pedoman kerja dalam menyusun dan mengorganisir pengalaman belajar para anak didik.
- Pedoman untuk mengadakan evaluasi terhadap perkembangan anak didik dalam rangka menyerap sejumlah pengalaman yang diberikan.
Kurikulum
merupakan alat pengukur keberhasilan program pendidikan di
sekolah yang dipimpinnya. Kepala sekolah dituntut untuk menguasai dan
mengontrol, apakah kegiatan proses pendidikan yang dilaksanakan itu
berpijak pada kurikulum yang berlaku, dan kebijakan serta program kegiatan yang akan dilaksanakan oleh sekolah harus berlandaskan pada kurikulum yang dipakai oleh masing-masing sekolah dalam hal ini kepala sekolah juga bertindak sebagai suvervaisor apa bila kurikulum yang telah dibuat tidak sesuai lagi dengan kebijakan sekolah dan zaman yang berkembang.
Fungsi Kurikulum Bagi Orang Tua
Orang tua sebagai pendidik utama dalam perkembangan anak harus memiliki pengetahuan tentang kurikulum terutama kurikulum pendidikan anak usia dini, kenapa ? karena waktu orang tua bersama dengan anak lebih banyak dari pada waktu anak dengan guru disekolah, karena itu orang tua harus juga memahami kurikulum yang digunakan sekolah dalam mendidik anak-anak meraka. Orang tua dapat menjadi sosok yang dapat bersinergi dengan pihak sekolah, dalam pembentukan karakter dan keterampilan sesuai kurikulum yang sudah di ketahui oleh orangtua dari peserta. Orang tua dapat mengetahui gambaran dari pengalaman belajar yang didapatkan oleh peserta didik (anaknya).Diharapkan orangtua bisa turut serta dalam mensupport anaknya untuk melakukan berbagai macam hal yang sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan.Orang tua dapat juga memberikan penilaian terhadap hasi perkembangan anak yang sesuai dengan kurikulum yang diterapkan disekolah.
Fungsi Kurikulum Bagi Masyarakat.
Ikut memberikan bantuan guna memperlancar pelaksanaan program pendidikan yang membutuhkan kerjasama dengan pihak orang tua/masyarakat. Ikut memberikan kritik/saran yang membangun dalam rangka penyempurnaan program pendidikan di sekolah agar lebih serasi dengan kebutuhan masyarakat yang sesuai dengan keadaan dan lingkungan sekitar sekolah. Masyarakat juga dapat berperan dalam pengembangan sekolah baik secara Prasarana juga sarana serta masyrakat juga dapat monitoring pelaksanaan kegiatan disekolah .
Fungsi Kurikulum Bagi Anak Didik
Keberadaan kurikulum sebagai
organisasi belajar tersusun merupakan suatu persiapan bagi anak didik,
anak didik diharapkan dapat dikembangkan seirama dengan perkembangan
anak, agar dapat memenuhi bekal hidupnya nanti. Kurikulum disiapkan bagi peserta didik sebagai salah
satu konsumsi pendidikan mereka.
Peranan Kurikulum
Kurikulum dalam pendidikan formal di sekolahmadrasah memiliki pe- ranan
yang sangat strategis dan menentukan pencapaian tujuan
pendidikan.
Terdapat tiga peranan yang dinilai sangat penting, yaitu: a peranan
konser- vatif, 2 peranan kreatif, dan 3 peranan kritisevaluatif
Oemar Hamalik,
1990.
Peranan Konservatif.
Peranan ini menekankan bahwa kurikulum sebagai sarana untuk mentrans-
misikan nilai-nilai warisan budaya masa lalu yang dianggap masih
relevan
dengan masa kini kepada generasi muda, dalam hal ini para
siswa. Dengan demikian, peranan konservatif ini pada hakikatnya
menempatkan kurikulum,
yang berorientasi ke masa lampau. Peranan ini sifatnya menjadi sangat
men- dasar, disesuaikan dengan kenyataan bahwa pendidikan pada
hakikatnya me-
rupakan proses sosial. Salah satu tugas pendidikan yaitu
mempengaruhi dan membina perilaku siswa sesuai dengan nilai-nilai
sosial yang hidup di ling-
kungan masyarakatnya.
Peranan Kreatif.
Peranan ini menekankan bahwa kurikulum harus mampu mengembang- kan
sesuatu yang baru sesuai dengan perkembangan yang terjadi dan
kebu-
tuhan-kebutuhan masyarakat pada masa sekarang dan masa mendatang. Kuri-
kulum harus mengandung hal-hal yang dapat membantu setiap siswa mengem-
bangkan semua potensi yang ada pada dirinya untuk memperoleh pengetahu-
an-pengetahuan baru, kemampuan-kemampuan baru, serta cara berpikir baru
yang dibutuhkan dalam kehidupannya.
Peranan Kritis dan Evaluatif.
Peranan ini dilatar belakangi oleh adanya kenyataan bahwa nilai-nilai dan
budaya yang hidup dalam masyarakat senantiasa mengalami
perubahan, se-hingga pewarisan nilai-nilai dan budaya masa lalu kepada siswa perlu
disesuaikan dengan kondisi yang terjadi pada masa sekarang.
Selain itu, perkembangan yang terjadi pada masa sekarang dan masa mendatang belum tentu sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Karena itu, peranan kurikulum memiliki peranan untuk menilai dan memilih nilai dan budaya serta pengetahuan baru yang akan diwariskan tersebut. kurikulum harus turut aktif berpartisipasi dalam kontrol atau filter sosial. Nilai-nilai sosial yang tidak sesuai lagi dengan keadaan dan tuntutan masa kini dihilangkan dan diadakan modifikasi atau penyempurnaan. peranan kurikulum tersebut menjadi tanggung jawab semua pihak yang terkait dalam proses pen didikan, di antaranya guru, kepala sekolah, pengawas, orang tua, siswa, dan masyarakat. Dengan demikian, pihak-pihak yang terkait tersebut idealnya dapat memahami betul apa yang menjadi tujuan dan isi dari kurikulum yang diterapkan sesuai dengan bidang tugas masing-masing.
Selain itu, perkembangan yang terjadi pada masa sekarang dan masa mendatang belum tentu sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Karena itu, peranan kurikulum memiliki peranan untuk menilai dan memilih nilai dan budaya serta pengetahuan baru yang akan diwariskan tersebut. kurikulum harus turut aktif berpartisipasi dalam kontrol atau filter sosial. Nilai-nilai sosial yang tidak sesuai lagi dengan keadaan dan tuntutan masa kini dihilangkan dan diadakan modifikasi atau penyempurnaan. peranan kurikulum tersebut menjadi tanggung jawab semua pihak yang terkait dalam proses pen didikan, di antaranya guru, kepala sekolah, pengawas, orang tua, siswa, dan masyarakat. Dengan demikian, pihak-pihak yang terkait tersebut idealnya dapat memahami betul apa yang menjadi tujuan dan isi dari kurikulum yang diterapkan sesuai dengan bidang tugas masing-masing.
DAFTAR PUSTAKA
- Drs. Abdullah Idi, M.Ed. “Pengembangan kurikulum”. Jakarta.1999.hal.135-145
- Direktorat Tenaga Kependidikan, Direktorat peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan, Departemen Pendidikan Nasioanal, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Jakarta : 2008
- Direktorat Jendral PAUD dan DIKMAS ,Pedoman Implementasi Kurikulum 2013 PAUD Jakarta : 2015
Apa yang paling mendasar dalam pembelajaran kurikulum jelaskan
ReplyDeleteHal paling mendasar dalam pembelajaran kurikulum ini adalah bagaimana menuangkan ide gagasan menjadi sebuah program pendidikan dalam proses pembelajaran yang sesuai dengan peraturan yang berlaku dan sesuai dengan fase/tahapan perkembangan anak agar tidak salah dalam menstimulasinya namun tidak lepas dari norma-norma dan nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat.
DeleteApa contoh dri kurikulum kreatif?
ReplyDeleteApakah semua peranan kurikulum tersebut saling berkaitan??
ReplyDeleteCoba jelaskan..
Bagaimana dengan orang tua dan masyarakat yang cuek tentang kurikulum yang dipakai disekolah,apakah berpengaruh terhadap aspek perkembangan anak ? coba jelaskan!
ReplyDeleteBagaimana kurikulum ini dapat dipahami oleh masyarakat awam, khususx didaerah-daerah pedalaman dan ekonominya kurang, yang orangtuanya terkadang tidak bisa membaca dan sibuk bekerja hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup. Sementara anak hanya disuruh sekolah saja tanpa pendampingan dan pengajaran dirumah yg bersinergi dg kurikulum sekolah. Apakah bisa tercapai perkembangan anak yg diharapkan?
ReplyDeleteApakah peranan yang paling penting dalam kurikulum dari beberapa peranan kurikulum yg ada
ReplyDeleteasal comment :v
ReplyDelete