Implementasi kurikulum 2013 PAUD diawali dengan penyusunan perangkat pembelajaran Perencanaan Semester (PROMES), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), dan Perencanaan Penilaian. Proses pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dilakukan saat pijakan sebelum main, kegiatan main, dan tahap mengkomunikasikan. Kepala Sekolah dan guru ikut bekerja sama dalam merancang perangkat pembelajaran. Kemudian, mereka mengkomunikasikan tema, subtema dan ide permainan yang mampu mengembangkan aspek perkembangan secara terpadu berbasis pendekatan saintifik. Penilaian yang dilakukan berupa penilaian otentik, misalnya observasi, portofolio, unjuk kerja dan penugasan. Sebelum proses pembelajaran guru juga diwajibkan untuk mempersiapkan RPP harian dan media pembelajaran yang nanti akan digunakan dalam proses pembelajaran
1. PROGRAM SEMESTER
Perencanaan program semester berisi daftar tema satu semester
termasuk alokasi waktu setiap tema dengan menyesuaikan hari efektif
kalender pendidikan yang bersifat fleksibel.
Tema berfungsi sebagai wadah yang berisi bahan kegiatan untuk mengembangkan potensi anak dan menyatukan seluruh kompetensi dalam satu kesatuan yang lebih berarti, memperkaya wawasan dan perbendaharaan kata anak sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna.
Pendidik berperan sebagai fasilitator dan bertanggung jawab untuk menciptakan situasi yang dapat menumbuhkan prakarsa, motivasi dan tanggung jawab peserta didik untuk belajar. Di samping itu dalam mengelola kegiatan pembelajaran, pendidik hendaknya mampu mengembangkan pola interaksi dengan berbagai pihak yang terlibat di dalam pembelajaran dan harus pandai memotivasi peserta didik untuk terbuka, kreatif, responsif, dan interaktif dalam kegiatan pembelajaran.
Kualitas pembelajaran dapat diukur dan ditentukan oleh sejauh mana kegiatan pembelajaran tertentu dapat menjadi alat perubah perilaku peserta didik ke arah yang sesuai dengan tujuan kompetensi yang telah ditetapkan.
Langkah-langkah penyusunan program semester adalah sebagai berikut:
2. RPPM (PROGRAM MINGGUAN)
Perencanaan program mingguan adalah rencana kegiatan yang disusun untuk pembelajaran selama satu minggu. Perencanaan kegiatan mingguan dapat berbentuk jaringan tema (web). Jaringan tema berisi projek- projek yang akan dikembangkan menjadi kegiatan-kegiatan pembelajaran.
Pada akhir satu atau beberapa tema dapat dilaksanakan kegiatan puncak tema yang menunjukkan prestasi peserta didik. Puncak tema dapat berupa kegiatan antara lain membuat kue/makanan, makan bersama, pameran hasil karya, pertunjukan, panen tanaman, dan kunjungan.
Penyusunan RPM PAUD memperhatikan hal-hal berikut:
Identitas Program Mingguan RPPM PAUD Memuat:
Menetapkan Rencana Kegiatan Dalam RPPM PAUD
3. RPPH (PROGRAM HARIAN)
RPPH atau RPH PAUD adalah perencanaan program harian yang akan dilaksanakan oleh pendidik/pengasuh pada setiap hari atau sesuai dengan program lembaga. Komponen RPPH, antara lain: tema/sub tema/sub-sub tema, alokasi waktu, hari/tanggal, kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.
Tema berfungsi sebagai wadah yang berisi bahan kegiatan untuk mengembangkan potensi anak dan menyatukan seluruh kompetensi dalam satu kesatuan yang lebih berarti, memperkaya wawasan dan perbendaharaan kata anak sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna.
Pendidik berperan sebagai fasilitator dan bertanggung jawab untuk menciptakan situasi yang dapat menumbuhkan prakarsa, motivasi dan tanggung jawab peserta didik untuk belajar. Di samping itu dalam mengelola kegiatan pembelajaran, pendidik hendaknya mampu mengembangkan pola interaksi dengan berbagai pihak yang terlibat di dalam pembelajaran dan harus pandai memotivasi peserta didik untuk terbuka, kreatif, responsif, dan interaktif dalam kegiatan pembelajaran.
Kualitas pembelajaran dapat diukur dan ditentukan oleh sejauh mana kegiatan pembelajaran tertentu dapat menjadi alat perubah perilaku peserta didik ke arah yang sesuai dengan tujuan kompetensi yang telah ditetapkan.
Langkah-langkah penyusunan program semester adalah sebagai berikut:
- membuat daftar tema satu semester;
- memilih, menata dan mengurutkan tema yang sudah dipilih
- menentukan alokasi waktu untuk setiap tema;
- menjabarkan tema kedalam sub tema dan dapat dikembangkan lebih rinci lagi menjadi sub-sub tema untuk setiap semester;
- mencermati Kompetensi Dasar (KD) yang sesuai dengan sub tema yang akan dikembangkan.
- KD yang ditetapkan akan dipakai selama tema yang sama
- KD yang sudah dipilih untuk tema dapat dibagi ke dalam beberapa kelompok yang disesuaikan dengan sub tema.
- KD yang diambil untuk sub tema tersebut akan digunakan terus selama sub tema dibahas.
- KD yang sudah digunakan pada tema dan sub tema dapat diulang untuk digunakan kembali pada tema yang berbeda
2. RPPM (PROGRAM MINGGUAN)
Perencanaan program mingguan adalah rencana kegiatan yang disusun untuk pembelajaran selama satu minggu. Perencanaan kegiatan mingguan dapat berbentuk jaringan tema (web). Jaringan tema berisi projek- projek yang akan dikembangkan menjadi kegiatan-kegiatan pembelajaran.
Pada akhir satu atau beberapa tema dapat dilaksanakan kegiatan puncak tema yang menunjukkan prestasi peserta didik. Puncak tema dapat berupa kegiatan antara lain membuat kue/makanan, makan bersama, pameran hasil karya, pertunjukan, panen tanaman, dan kunjungan.
Penyusunan RPM PAUD memperhatikan hal-hal berikut:
- Diturunkan dari program
- Berisi sub tema – KD – materi – rencana kegiatan
- Penyusunan kegiatan mingguan disesuaikan dengan strategi pengelolaan kelas (area, sentra, kelompok usia, sudut) yang ditetapkan masing-masing satuan PAUD.
Dalam sebuah rencana pembelajaran mingguan RPPM PAUD berisi: (1)
Identitas program layanan, (2) KD yang dipilih, (3) materi pembelajaran,
dan (4) rencana kegiatan.
Identitas Program Mingguan RPPM PAUD Memuat:
- Nama Satuan PAUD adalah nama satuan PAUD yang menyusun RPPM
- Semester /bulan/minggu yang keberapa
- Tema/Sub Tema/Sub-sub Tema diambil dari tema/sub tema/sub- sub tema yang disusun di program semester.
- Kelompok usia anak diisi dengan kelompok sasaran program
Menetapkan Kompetensi Dasar (KD) Dalam RPPM PAUD
- KD yang ditetapkan dalam RPPM sesuai dengan KD yang sudah ditetapkan di Program Semester atau jika dipandang penting dapat dirubah sesuai kondisi.
- Komposisi KD yang diambil mewakili seluruh program pengembangan (nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni)
- KD untuk sub tema atau sub-sub tema dapat diambil seluruhnya atau hanya sebagian dari KD yang ada di tema.
- KD yang sudah dipilih dapat diulang kembali untuk digunakan di tema lainnya.
- Penulisan KD dapat dituliskan dengan urutan angka atau dituliskan secara utuh.
- Penempatan KD dapat masuk ke dalam kolom atau ditulis di atas setelah identitas program.
- Materi pembelajaran diambil dari materi pembelajaran yang sudah dijabarkan di KTSP (lihat contoh)
- Banyaknya materi pembelajaran yang diambil disesuaikan dengan kemampuan belajar anak.
- Materi pengembangan sikap dimasukkan ke dalam SOP dan menjadi pembiasaan yang diterapkan sehari-hari sepanjang tahun.
- Materi pengembangan sikap yang telah dimasukkan ke dalam SOP terus diterapkan walaupun tidak lagi dicantumkan dalam RPPM.
- Materi pembelajaran dikaitkan dengan tema/ sub tema/ sub-sub tema.
- Materi pelajaran untuk satu tema/sub tema/ sub-sub tema akan diulang-ulang sesuai dengan alokasi waktu RPPM untuk penguatan kemampuan anak.
- Rencana kegiatan berisi beberapa rencana kegiatan yang dapat diikuti anak.
- Rencana kegiatan harus menarik dan membolehkan anak-anak untuk memilih dari banyak kegiatan yang disiapkan guru.
- Rencana kegiatan untuk 1 minggu harus bervariasi agar anak tidak bosan.
- Jumlah kegiatan yang disediakan setiap harinya minimal 4 kegiatan berbeda untuk tetap menjaga minat belajar anak dan agar anak memiliki pengalaman belajar yang beragam.
- Rencana kegiatan harus dapat mencerminkan pendekatan saintifik
- Rencana kegiatan memperhatikan model pembelajaran (area, sentra, sudut, kelompok dengan kegiatan pengaman) yang digunakan di setiap satuan PAUD.
- Rencana kegiatan untuk satu minggu memberi pengalaman nyata anak dengan bermain balok, drama, alam, dll.
- Materi pembelajaran diulang setiap harinya selama alokasi waktu yang ditetapkan di RPPM tetapi dengan kegiatan yang berbeda. Tujuannya agar anak dapat mencapai hasil belajar yang optimal dengan pengalaman belajar yang menarik sehingga tidak membosankan.
- Rencana Kegiatan disesuaikan dengan tema.
- Untuk menunjukkan kebermaknaan pelaksanaan pembelajaran tematik, setiap akhir tema dikuatkan dengan kegiatan puncak tema.
- Puncak tema dapat berupa kegiatan antara lain membuat kue/makanan, makan bersama, pameran hasil karya, pertunjukkan, panen tanaman dan kunjungan.
RPPH atau RPH PAUD adalah perencanaan program harian yang akan dilaksanakan oleh pendidik/pengasuh pada setiap hari atau sesuai dengan program lembaga. Komponen RPPH, antara lain: tema/sub tema/sub-sub tema, alokasi waktu, hari/tanggal, kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.
Menyusun Program Harian RKH RPH PAUD Kurikulum 2013
- Disusun berdasarkan kegiatan mingguan.
- Kegiatan harian berisi kegiatan pembuka, inti, dan penutup.
- Pelaksanaan pembelajaran dalam satu hari dilaksanakan sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran.
- Penyusunan kegiatan harian disesuaikan dengan kondisi satuan pendidikan masing-masing dan menggunakan pendekatan saintifik.
- Kegiatan harian dapat dibuat oleh satuan pendidikan dengan format sesuai kebutuhan masing-masing.
SUMBER :
- https://www.paud.id
- Direktorat Jengral PAUD dan DIKMAS ,Direktorat Pembinaan PAUD, Pedoman Implementasi Kurikulum 2013 PAUD
No comments:
Post a Comment